KRITERIA 5.3.3 KEAMANAN OBAT OBATAN

 LIHAT VIDEO PENJELASAN >>>> VIEW

LIHAT VIDEO PENDALAMAN >>>> VIEW

 

c. Kriteria 5.3.3 Proses untuk meningkatkan keamanan terhadap obat-obat yang perlu diwaspadai ditetapkan dan dilaksanakan.  

Pokok Pikiran:

a)  Pemberian obat pada pasien perlu dikelola dengan baik dalam upaya keselamatan pasien. Kesalahan penggunaan obat yang perlu diwaspadai dapat menimbulkan cedera pada pasien.

b)  Obat yang perlu diwaspadai (high alert medications) adalah obat-obatan yang memiliki risiko menyebabkan cedera serius pada pasien jika digunakan dengan tidak tepat. Obat higt alert meliputi : 1) Obat risiko tinggi, yaitu obat dengan zat aktif yang dapat menimbulkan kematian atau kecacatan bila terjadi kesalahan (error) dalam penggunaannya (contoh: insulin, heparin atau sitostatika), 2) Obat yang terlihat mirip dan kedengarannya mirip (Nama Obat Rupa dan Ucapan Mirip/NORUM, atau Look Alike Sound Alike/LASA) 3) Elektrolit konsentrat contoh: kalium klorida dengan konsentrasi sama atau lebih dari 1 mEq/ml, natrium klorida dengan konsentrasi lebih dari 0,9% dan magnesium sulfat injeksi dengan konsentrasi sama atau lebih dari 50%.

c)   Kesalahan pemberian obat dapat juga terjadi akibat adanya obat dengan nama dan rupa obat mirip (look alike sound alike).

d)  Kebijakan dan prosedur tentang pengelolaan obat yang perlu diwaspadai ditetapkan dan dilaksanakan yang meliputi penyimpanan, penataan, peresepan, pelabelan, penyiapan, penggunaan, dan evaluasi penggunaan obat yang perlu diwaspadai, termasuk obat psikotropika, narkotika, dan obat dengan nama atau rupa mirip.

Elemen Penilaian

R

D

O

W

a) Disusun daftar obat yang perlu diwaspadai dan obat dengan nama atau rupa mirip serta dilakukan pelabelan dan penataan obat yang perlu diwaspadai dan obat dengan nama atau rupa mirip sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang disusun (R, D, O, W).  

SOP tentang pengelolaan obat yang perlu diwaspadai dan obat dengan nama dan rupa mirip

Daftar obat yang perlu diwaspadai dan obat dengan nama atau rupa mirip

Pengamatan surveior terhadap pelabelan dan penataan obat yang perlu diwaspadai dan obat dengan nama atau rupa mirip

Penggalian informasi tentang proses pengelolaan obat yang perlu diwaspadai dan obat dengan nama dan rupa mirip

b) Dilakukan pengawasan dan pengendalian penggunaan obatobatan psikotropika/narkot ika dan obat-obatan lain yang perlu diwaspadai (high  alert) (D, O, W)

   

1.  Daftar obat psikotropika/narko tika dan obatobatan lain yang perlu diwaspadai (high alert) 

2. Bukti monitoring enggunaan obat- obatan psikotropika/narko tika dan obatobatan lain yang perlu diwaspadai (high alert)

Pengamatan surveior terhadap pelaksanaan penyimpanan, pengawasan dan pengendalian penggunaan obatobatan psikotropika/nark otika dan obatobatan lain yang perlu diwaspadai (high alert)

Penggalian informasi tentang proses penyimpanan, pengawasan dan pengendalian penggunaan obatobatan psikotropika/nark otika dan obatobatan lain yang perlu diwaspadai (high alert).  

No comments:

Post a Comment